Back
Rapat Kerja PKBSI 2018 dan Kunjungan ke Kubah Burung TMII
Author Susi
Monday, Feb 19, 2018 10:04 am
Rapat Kerja PKBSI 2018 dan Kunjungan ke Kubah Burung TMII
Untuk mewujudkan visi dan misi maka PKBSI telah menyusun serangkaian program kerja yang akan dilaksanakan oleh setiap bidang dan korwil. Program kerja tersebut disampaikan oleh setiap ketua bidang dan korwil dalam Rapat Kerja Dewan Pengurus PKBSI yang dilaksanakan pada 26 Januari 2018 bertempat di Ruang Rapat Tampaksiring, Gedung Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Rapat Kerja PKBSI dipimpin langsung oleh Ketua Umum PKBSI, DR. H. Rahmat Shah, dan dihadiri oleh Brigjen TNI (Purn) Andreas Mere, M.Sc. selaku Dewan Pembina , Sekjen PKBSI, Tony Sumampau, dan Bendahara Umum PKBSI, Ade F. Meyliala, Ph.D., serta para Ketua Bidang dan Korwil dan para pengurus lainnya.

Persiapan Workshop GSMP kedua, yang akan diadakan pada 5-9 Februari 2018 di Safari Lodge, Taman Safari Cisarua Bogor dan persiapan Munas  juga dibicarakan pada rapat tersebut.

Kubah Taman Burung TMII

Dewan pengurus berkesempatan mengunjungi “wajah baru” Kubah Taman Burung TMII yang telah selesai pemugarannya. Selama berkeliling didampingi secara langsung oleh Direktur Operasional dan Pengembangan TMII sekaligus anggota Bidang Promosi PKBSI, Drs. Maulana Cholid, serta Kepala Taman Burung TMII, Drh. Piter Kombo. Kubah Taman Burung TMII yang luas totalnya mencapai 6 hektar ini merupakan bagian dari fasilitas exhibit yang sudah ada sebelumnya dan terus dilakukan pengembangan dan perbaikan agar dapat mengoptimalkan pengelolaan satwa koleksi di tempat tersebut.

“Jumlah koleksi di Taman Burung TMII ada 135 spesies burung dari berbagai lokasi dari dalam dan luar Indonesia dengan total 1000 ekor lebih,” ungkap Drh. Piter Kombo. Koleksi jenis burung di TMII tersebut antara lain curik bali (Leucopsar rothschildi), kakatua jambul kuning (Cacatua sulphurea), dan berbagai jenis lainnya yang populasinya sudah mulai menurun di alam. Dewan Pengurus sangat kagum dengan kubah burung tersebut dan berbagai jenis burung yang ada di dalamnya. Beberapa peserta berkesempatan untuk berfoto bersama beberapa jenis burung yang sangat lucu dan menarik.

Kunjungan pun dilanjutkan ke Museum Fauna dan Taman Reptil “Komodo” TMII. Di lokasi ini, para peserta dapat melihat berbagai jenis satwa baik yang masih hidup dan yang sudah menjadi awetan atau offsetan dari berbagai jenis reptil dan amfibi baik yang ada di Indonesia maupun dari luar. Mereka pun dibuat kagum dengan koleksi buaya muara (Crocodylus porosus) yang berukuran besar mencapai panjang sekitar 3 meter.

TMII sebagai salah satu lokasi lembaga konservasi di Jakarta merupakan lokasi yang cukup lengkap dan sangat edukatif untuk dikunjungi. Selain Taman Burung dan Taman Reptil, di TMII juga terdapat Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga & Taman Kupu yang juga merupakan anggota PKBSI. PKBSI mendukung perkembangan dan kegiatan para anggotanya terutama yang terkait dengan peran dan fungsi lembaga konservasi.
Indonesia Zoo & Aquarium Association
RSS Feed